Sunday, October 17, 2010

Peranan Kewirausahaan Bagi Pembangunan Ekonomi Suatu Negara

Nama : Indri Pratiwi Putri
NPM : 38209522
Kelas : 2DD03


Yang dimaksud dengan kewirusahaan adalah suatu pola tingkah laku manajerial yang terpadu dalam upaya pemanfaatan peluang yang tersedia tanpa mengabaikan sumber daya yang dimiliki (Howard H. Stevenson).

Era globalisasi ekonomi adalah realitas baru yang mau tidak mau harus dihadapi masyarakat. Oleh karena itu seluruh pelaku ekonomi dan seluruh lapisan masyarakat harus dipersiapkan dengan sebaiknya-baiknya menghadapi realitas tersebut. Pada dasarnya kewirausahaan sangat erat terkait pada lingkungan. Misalnya lingkungan masyarakat perkotaan tentu saja berbeda dengan lingkungan masyarakat pedesaan. Namun, kunci dari kewirausahaan adalah bagaimana kita mengendalikan resiko dengan berbagai perhitungan dan pemikiran. Ada kecenderungan masyarakat melihat kewirausahaan sebagai alternatif terakhir dalam melihat suatu peluang kerja. Budaya menjadi seorang karyawan atau pegawai di instansi pemerintah atau swasta masih erat melekat, pemikiran seperti ini harus segera diubah.

Dengan jiwa kewirausahaan, perusahaan akan terus tumbuh dan berkembang sesuai dengan tujuan awal perusahaan. Inovasi dan kreatifitas dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, dapat melihat dan menilai peluang dalam bisnis serta kemampuan mengoptimalisasikan sumber daya dan mengambil tindakan, dan memiliki motivasi tinggi dalam mengambil resiko dalam rangka menyukseskan bisnisnya. Dengan berwirausaha, kita dapat menciptakan lapangan kerja dan secara tidak langsung telah membantu pemerintah dalam upaya mengurangi jumlah pengangguran, angka kemiskinan dan kriminalitas di suatu negara. Hal ini juga berdampak kepada naiknya pendapatan per kapita di suatu negara, termasuk di Indonesia.

Di Indonesia kesadaran akan berwirausaha masih sangat kecil karena Indonesia merupakan negara yang sedang berkembang. Dimana masyarakatnya harus mampu berfikir lebih ke depan untuk meningkatkan kesejahteraannya pada umumnya dan Bangsa dan Negara pada khususnya. dengan berbagai kegiatan. salah satunya melalui koperasi. Saat ini dikembangkan kewirausahaan di koperasi khususnya pada pengurus agar koperasi dapat dikelola dan dikembangkan dengan semaksimal mungkin. Pengembangan kewirausahaan telah menjadi salah satu prioritas dalam pembangunan yang ditujukan dengan diterbitkannya Inpres No. 4 tahun 1995.

Berwirausaha adalah solusi terbaik dalam keadaan perekonomian Indonesia sekarang ini. Pemerintah berupaya untuk mendukung berlangsungnya kegiatan berwirausaha dengan cara memperlancar modal yang diperlukan oleh para wirausaha, terutama untuk UKM (Usaha Kecil Menengah) sehingga usaha tersebut dapat berjalan dengan baik. Dengan begitu, perekonomian di Indonesia akan berkembang ke arah yang lebih baik dan kesejahteraan masyarakat akan meningkat.

sumber : http://winanto.blog.uns.ac.id

0 comments:

Post a Comment

 

!! lullaby !! Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template and web hosting