nama : Indri Pratiwi Putri
npm : 38209522
kelas : 3DD03
1. PT.Matahari Putra Prima Tbk.
PT. Matahari Putra Prima Tbk. adalah sebuah perusahaan ritel di Indonesia yang merupakan pemilik dari jaringan supermarket Hypermart. Per kuartal pertama tahun 2008, Matahari Putra Prima sudah mempunyai 79 departmen store, 38 hypermarket, 31 supermarket, 46 outlet farmasi, dan lebih dari 88 hiburan keluarga di lebih dari 50 kota di Indonesia.
Berikut perjalanan sejarah berkembangnya PT. Matahari Putra Prima Tbk.
1958 : Toko pertama di Pasar Baru,Jakarta
1972 : Pioneer of Department Store concept in Indonesia
1980 : Membuka Toko Pertama outside Jakarta - Sinar Matahari Bogor
1988 : Core Business Expansion to Supermarket Operasi.
1st Rights Issue - Rp 75B
1992 : IPO at Jakarta Stock Exchange and Surabaya Stock Exchange
1996 : Issuance of 5-year US$100 Million Bond & 2nd Rights Issue - Rp 226B
1997 : Multipolar became majority shareholder 3rd Rights Issue Rp 902B
2000 : Launching Of Matahari Club Card (MCC)
2001 : Settlement of 5-year US$ 100 Million Bond
2002 :
New Management Team
Core Business Restructuring: Matahari Department Store,
Matahari Supermarket & TimeZone
Independent and transparent Business Units
Issuance of 5-year Obligasi I - Rp 450 Billion
2003 :
Consolidation Year
Closure of Non-profitable stores
Re-focus to internal infrastructure, resources & company’s Foundation
2004 :
Launch of Hypermart
Top 500 As-Pac Retail Award: #1- Indonesia
Issuance of 5-year Obligasi II : Rp 300 B & Syariah I Rp 150 B
2005 : Successfull aggressive expansion : 10 Department store,4 Kids2Kids,13 Hypermart,4 Cut Price,1 Matahari Supermarket,First Matahari Dept.Store in China,Top 500 As-Pac Retail Award:#1- Indonesia
sumber : ir2brothers.blogspot.com/.../sejarah-perjalanan-matahari-putra-prima
2.Carrefour
Carrefour di Indonesia hadir
sejak tahun 1996 dengan membuka gerai pertama di Cempaka Putih pada
bulan Oktober 1998. Pada saat yang sama, Continent, sebagai perusahaan
ritel Prancis, membuka gerai pertamanya di Pasar Festival. Pada tahun
1999, Carrefour dan Promodes (sebagai pemegang saham utama dari
Continent) menggabungkan semua kegiatan usaha ritel di seluruh dunia
dengan nama Carrefour. Hal tersebut menjadikan Carrefour sebagai ritel
terbesar kedua di dunia.
Saat ini, Carreour sudah beroperasi di 83 gerai dan tersebar di 28
kota/kabupaten di Indonesia. Sebagai salah satu pemain ritel terkemuka,
Carrefour Indonesia berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi
pelanggan Carrefour di Indonesia. 72 juta pelanggan telah mengunjungi
Carrefour di tahun 2010, naik dari 62 juta pelanggan di tahun
sebelumnya.Carrefour sangat peduli terhadap kebutuhan pelanggan dengan
menawarkan lebih dari 40.000 produk, sehingga pelanggan dapat memperoleh
pilihan lengkap kebutuhan sehari-hari yang berkualitas baik dengan
harga diskon di dalam lingkungan belanja yang nyaman.
sumber : http://www.carrefour.co.id/shop/indonesia/
3. Toserba Yogya
Berawal dari sebuah toko batik di daerah Kosambi Bandung, Toko YOGYA pertama kali berdiri dan mulai melayani konsumennya. ...
Saat itu nama DJOCJA yang merupakan nama asli toko "batik" itu tetap dipertahankan.
Namun barang dagangan yang tadinya hanya kain batik, mulai dikombinasikan dengan produk lain yang merupakan kebutuhan sehari- hari. Seperti : sabun, sikat gigi, pasta gigi, kosmetik dan produk kelontongan lainnya.
Saat itu nama DJOCJA yang merupakan nama asli toko "batik" itu tetap dipertahankan.
Namun barang dagangan yang tadinya hanya kain batik, mulai dikombinasikan dengan produk lain yang merupakan kebutuhan sehari- hari. Seperti : sabun, sikat gigi, pasta gigi, kosmetik dan produk kelontongan lainnya.
Berdiri sejak tahun 1982, cabang pertama toko YOGYA di Jl. Sunda No. 60, Bandung.
Disinilah tonggak penting dari awal sejarah toko YOGYA dimulai. Manajemen yang lebih modern dan rekruitmen SDM yang berkualitas menjadi bagian dari awal sebuah kesuksesan di kelak kemudian hari.
YOGYA Group merupakan perusahaan ritel dengan format Supermaket dan Departement Store.
Disinilah tonggak penting dari awal sejarah toko YOGYA dimulai. Manajemen yang lebih modern dan rekruitmen SDM yang berkualitas menjadi bagian dari awal sebuah kesuksesan di kelak kemudian hari.
YOGYA Group merupakan perusahaan ritel dengan format Supermaket dan Departement Store.
Visi :
Tetap Menjadi Pilihan Utama
Pilihan utama bagi konsumen, mitra usaha, pasar tenagakerja, shareholder, maupun masyarakat dan pemerintah di tengah berbagai alternatif pilihan dan persaingan usaha.
Misi :
Setia Memenuhi Kebutuhan Masyarakat
Dengan Corporate Culture : "Maju dengan karya bersama" dan
Moral Filosofi : "Jujur, Setia & Rendah Hati"
YOGYA Group selalu berusaha mewujudkan kepuasan bagi konsumen dengan menyediakan produk yang berkualitas, layanan yang unggul, dan akrab bersahabat, serta dalam suasana belanja yang menyenangkan.
Tetap Menjadi Pilihan Utama
Pilihan utama bagi konsumen, mitra usaha, pasar tenagakerja, shareholder, maupun masyarakat dan pemerintah di tengah berbagai alternatif pilihan dan persaingan usaha.
Misi :
Setia Memenuhi Kebutuhan Masyarakat
Dengan Corporate Culture : "Maju dengan karya bersama" dan
Moral Filosofi : "Jujur, Setia & Rendah Hati"
YOGYA Group selalu berusaha mewujudkan kepuasan bagi konsumen dengan menyediakan produk yang berkualitas, layanan yang unggul, dan akrab bersahabat, serta dalam suasana belanja yang menyenangkan.
sumber : http://www.toserbayogya.com/show_profile.html
4.PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk
Pertama kali memulai usahanya dengan membuka satu toko Jalan Sabang, di dekat Sarinah Department Store pada tahun 1978. Tujuh
tahun kemudian pemilik perusahaan membuka toko pertama di luar wilayah Jakarta,
yaitu di Bandung, Jawa Barat. Toko ini menjual aksesoris, sepatu dan tas dan menjelang
tahun 1989 perusahaan telah membuka delapan belas toko dengan mempekerjakan sekitar
2500 karyawan, menjual mainan, alat tulis dan peralatan rumah tangga, selain produk
utama yaitu pakaian.
Perencanaan dan perluasan usaha yang dilaksanakan secara hati-hati telah memungkinkan
perusahaan untuk membuka “Toko Tujuan” pada tahun 1994, sebagai layanan belanja
satu atap. Saat ini Perusahaan telah berkembang pesat dengan menambah tiga puluh
lima toko yang seluruhnya ditempatkan di pasar Jawa yang penuh persaingan.
Selanjutnya Perusahaan berkeinginan untuk berbagi kemakmuran dan peluang dengan
publik, sehingga IPO diselenggarakan pada tahun 1996 yang pada saat itu
Ramayana telah menjadi rantai ritel dominan di area sasaran.
sumber : google.com
sumber : google.com
5.Superindo
Sejak tahun 1997, Super Indo tumbuh dan berkembang bersama masyarakat
Indonesia. Kini, lebih dari 81* gerai Super Indo telah tersebar di
kota-kota utama di Pulau Jawa dan Palembang. Dengan didukung lebih dari
4700* karyawan terlatih, Super Indo siap melayani para pelanggan.
Super Indo menyediakan beragam produk kebutuhan sehari-hari dengan
kualitas yang dapat diandalkan, lengkap, harga hemat, dan lokasi toko
yang mudah dijangkau. Kesegaran dan kualitas produk selalu dijaga
melalui pilihan sumber yang baik dan penanganan dengan standar prosedur
operasional yang selalu dipantau. Hal ini menjadikan Super Indo sebagai
pilihan tempat berbelanja yang selalu "Lebih Segar", "Lebih Hemat"
dan "Lebih Dekat".
Super Indo merupakan jaringan ritel internasional DELHAIZE GROUP,
yang berpusat di Belgia dan telah tersebar di 3 benua dan 11 negara
(Belgia, Yunani, Amerika Serikat, Yunani, Romania, Albania, Serbia,
Bosnia & Herzegovina, Bulgaria, Montenegro, dan Indonesia) dengan
lebih dari 2.842gerai**. Delhaize Group tercatat di bursa saham Euronext
Brussels (DELB) dan the New York Stock Exchange (DEG).
sumber : http://www.jobloker.co.id/id/pekerjaan/japrofiles/lionsuper@jobloker.co.id
6. Alfamart
Semula PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk
(Alfamart) bernama PT Alfa Mitramart Utama yang didirikan tanggal 22
Februari 1989. Kala itu pemegang saham perusahan adalah PT Alfa
Retailindo Tbk (51%) dan PT Lancar Distrindo (49%). Namun sejak 1
Agustus 2002 memakai nama Sumber Alfaria Trijaya setelah beralih
pemegang saham menjadi PT HM Sampoerna Tbk (70%) dan PT Sigmantara
Alfindo (30%).
Perusahaan yang
berkantor pusat di Jl. M.H. Thamrin No. 9, Tangerang ini memulai usaha
komersilanya pada 1989 dalam bidang perdagangan rokok. Namun sejak
tahun 2002, Alfamart bergerak dalam kegiatan usaha perdagangan eceran
untuk produk konsumen dengan mengoperasikan jaringan minimarket dengan
nama “Alfamart” yang berlokasi di beberapa tempat di Jakarta, Cileungsi,
Tangerang, Bekasi, Bandung, Surabaya, Cirebon, Cilacap, Semarang,
Lampung, Malang dan Bali.
Jaringan minimarket perusahaan yang didirikan Djoko Susanto, mantan
eksekutif produsen rokok raksasa, HM Sampoerna ini terdiri dari
minimarket milik sendiri dan minimarket dalam bentuk kerjasama waralaba,
dengan jumlah minimarket milik sendiri 2.396 (2009) dari semula 2.067
(2008) dan kerja sama waralaba 798 (2009) dari 592 (2008).
Patut dicatat, Alfamart adalah perusahaan pertama yang berkukuh turun ke
lantai bursa saat korporasi lainnya memilih untuk menunda atau bahkan
membatalkan IPO, pada tahun 2009. Bahkan di industri ritel, Alfamart
adalah perusahaan minimarket pertama yang melakukan aksi korporasi ini.
Dengan kata lain, Alfamart merupakan minimarket pertama di Indonesia
yang go public.
sumber :http://dcserpong.blogspot.com/2010/03/profile-alfamart.html
7. CIRCLE K MINIMART
Bisnis retail yang ada di Indonesia kini dalam periode terakhir kian
bertambah banyak.Di sini akan membahas tentang visi dan misi sebuah
bisnis retail yang berasal dari Amerika yang kini telah bertahan cukup
lama dan berkembang dengan pesat di Indonesia yaitu Circle K Minimart.
Sejarah Circle K dimulai ketika seorang businessman,Fred Harvey di El Paso Texas melakukan sebuah gebrakan dengan membangun 3 buah toko di sebuah perumahan kecil yang bernama Kay's Drive In Grocery.
Tosco Marketing Company Food Stores Inc dibentuk ketika Mr.Harvey menagmbil huruf "K" dari "Kay's" Drive In dan mengelilinginya dengan lingkarang berwarna merah.
Pada tahun 2003,Circle K diakusisi oleh ACT milik Couche Tard yang merupakan jaringan convevience store terbesar kedua di Amerika.Kini Circle K menjadi convevience store dengan pertumbuhan yang cepat di Asia,dengan 3500 store di Indonesia khususnya kota besar.
Di Indonesia,Circle K pertama kali berdiri di Jakarta tahun 1986 oleh Yayasan Trisakti.Kemudian diambil alih oleh PT.Circleka Indonesia Waserba pada tahun 1989.Kini Circle K juga telah berdiri di beberapa kota-kota besar lain di Indonesia seperti Bali,Bandung,dan Jogjakarta.
http://ekasallymoreta.blogspot.com/2010/02/visi-dan-misi-circle-k-minimart-retai.html
Sejarah Circle K dimulai ketika seorang businessman,Fred Harvey di El Paso Texas melakukan sebuah gebrakan dengan membangun 3 buah toko di sebuah perumahan kecil yang bernama Kay's Drive In Grocery.
Tosco Marketing Company Food Stores Inc dibentuk ketika Mr.Harvey menagmbil huruf "K" dari "Kay's" Drive In dan mengelilinginya dengan lingkarang berwarna merah.
Pada tahun 2003,Circle K diakusisi oleh ACT milik Couche Tard yang merupakan jaringan convevience store terbesar kedua di Amerika.Kini Circle K menjadi convevience store dengan pertumbuhan yang cepat di Asia,dengan 3500 store di Indonesia khususnya kota besar.
Di Indonesia,Circle K pertama kali berdiri di Jakarta tahun 1986 oleh Yayasan Trisakti.Kemudian diambil alih oleh PT.Circleka Indonesia Waserba pada tahun 1989.Kini Circle K juga telah berdiri di beberapa kota-kota besar lain di Indonesia seperti Bali,Bandung,dan Jogjakarta.
http://ekasallymoreta.blogspot.com/2010/02/visi-dan-misi-circle-k-minimart-retai.html
8. Indomaret
merupakan jaringan minimarket yang menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari dengan luas penjualan kurang dari 200 m2. Dikelola oleh PT Indomarco Prismatama, gerai pertama dibuka pada November 1988 di Kalimantan.
hun 1997, perusahaan mengembangkan bisnis gerai waralaba pertama di Indonesia, setelah Indomaret teruji dengan lebih dari 230 gerai. Pada Mei 2003, Indomaret meraih penghargaan “Perusahaan Waralaba 2003” dari Presiden Megawati Soekarnoputri.
Kini Indomaret mencapai lebih dari 4000 gerai. Dari total itu 52% adalah milik sendiri dan sisanya milik masyarakat, yang tersebar di kota-kota di Jabotabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jogjakarta, Jawa Timur, Bali, Lampung, dan Medan. Di tahun mendatang akan dibuka cabang baru: Cirebon, Palembang, dan Ujungpandang.
Indomaret mudah ditemukan di daerah perumahan, gedung perkantoran dan fasilitas umum karena penempatan lokasi gerai didasarkan pada motto “mudah dan hemat”. Lebih dari 3.500 jenis produk makanan dan non-makanan tersedia dengan harga bersaing, memenuhi hampir semua kebutuhan konsumen sehari-hari.
Didukung oleh pusat distribusi, yang menggunakan teknologi mutakhir, Indomaret merupakan salah satu aset bisnis yang sangat menjanjikan. Keberadaan Indomaret diperkuat oleh anak perusahaan di bawah bendera grup INTRACO, yaitu Indogrosir, BSD Plaza, dan Charmant.
http://indomaretblitaraya.wordpress.com/2011/09/26/sekilas-tentang-indomaret/#more-5
merupakan jaringan minimarket yang menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari dengan luas penjualan kurang dari 200 m2. Dikelola oleh PT Indomarco Prismatama, gerai pertama dibuka pada November 1988 di Kalimantan.
hun 1997, perusahaan mengembangkan bisnis gerai waralaba pertama di Indonesia, setelah Indomaret teruji dengan lebih dari 230 gerai. Pada Mei 2003, Indomaret meraih penghargaan “Perusahaan Waralaba 2003” dari Presiden Megawati Soekarnoputri.
Kini Indomaret mencapai lebih dari 4000 gerai. Dari total itu 52% adalah milik sendiri dan sisanya milik masyarakat, yang tersebar di kota-kota di Jabotabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jogjakarta, Jawa Timur, Bali, Lampung, dan Medan. Di tahun mendatang akan dibuka cabang baru: Cirebon, Palembang, dan Ujungpandang.
Indomaret mudah ditemukan di daerah perumahan, gedung perkantoran dan fasilitas umum karena penempatan lokasi gerai didasarkan pada motto “mudah dan hemat”. Lebih dari 3.500 jenis produk makanan dan non-makanan tersedia dengan harga bersaing, memenuhi hampir semua kebutuhan konsumen sehari-hari.
Didukung oleh pusat distribusi, yang menggunakan teknologi mutakhir, Indomaret merupakan salah satu aset bisnis yang sangat menjanjikan. Keberadaan Indomaret diperkuat oleh anak perusahaan di bawah bendera grup INTRACO, yaitu Indogrosir, BSD Plaza, dan Charmant.
http://indomaretblitaraya.wordpress.com/2011/09/26/sekilas-tentang-indomaret/#more-5
9. Hipermarket Giant
Hipermarket Giant adalah salah satu hypermarket yang berdiri di
Indonesia disamping Hipermarket Carrefour dan Hipermarket Hypermart yang
tersebar di sekitar Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, Tangerang, Sidoarjo,
Surabaya dan Bandung. Hipermarket Giant buka dari pukul 09.00 pagi
hingga jam 22.00 malam. Pada event midnight sale yang diadakan beberapa
kali dalam sepekan buka hingga pukul 24.00 malam pada gerai tertentu.
Hipermarket Giant tidak hanya memberikan harga yang murah pada produk-produk yang dijualnya kepada masnyarakat, namun juga memberikan pilihan dan koleksi produk yang beraneka ragam sehingga masyarakat senang melakukan kegiatan belanja di Hipermarket Giant.
Beberapa bentuk jaminan dan layanan tambahan gratis yang diberikan oleh Hipermarket Giant untuk memuaskan pelanggan di antaranya adalah :
1. Ada yang lebih murah? Kami ganti selisihnya 3 kali!
2. Tidak Puas? Kembalikan saja!
3. Harga kasir tidak sama harga di rak? Bayar yang termurah.
4. Bebas Biaya Antar.
5. Parkir gratis di beberapa lokasi gerai Hipermarket Giant.
6. Berbelanja dengan sistem kredit dari Sumber kredit.
Tentu saja bentuk-bentuk jaminan di atas memiliki banyak persyaratan khusus agar mereka tidak rugi. Bentuk jaminan di atas cukup memberikan dampak efek psikologis yang besar pada perilaku konsumen.
sumber :http://organisasi.org/informasi-hipermarket-giant-lokasi-cabang-gerai-giant-hypermarket-supermarket-grup-hero-supermarket
10. LotteMart Wholesale
Hipermarket Giant tidak hanya memberikan harga yang murah pada produk-produk yang dijualnya kepada masnyarakat, namun juga memberikan pilihan dan koleksi produk yang beraneka ragam sehingga masyarakat senang melakukan kegiatan belanja di Hipermarket Giant.
Beberapa bentuk jaminan dan layanan tambahan gratis yang diberikan oleh Hipermarket Giant untuk memuaskan pelanggan di antaranya adalah :
1. Ada yang lebih murah? Kami ganti selisihnya 3 kali!
2. Tidak Puas? Kembalikan saja!
3. Harga kasir tidak sama harga di rak? Bayar yang termurah.
4. Bebas Biaya Antar.
5. Parkir gratis di beberapa lokasi gerai Hipermarket Giant.
6. Berbelanja dengan sistem kredit dari Sumber kredit.
Tentu saja bentuk-bentuk jaminan di atas memiliki banyak persyaratan khusus agar mereka tidak rugi. Bentuk jaminan di atas cukup memberikan dampak efek psikologis yang besar pada perilaku konsumen.
sumber :http://organisasi.org/informasi-hipermarket-giant-lokasi-cabang-gerai-giant-hypermarket-supermarket-grup-hero-supermarket
10. LotteMart Wholesale
LotteMart Wholesale dahulu
bernama Makro adalah sebuah layanan perdagangan mandiri dengan perkiraan
40,000-50,000 anggota potensial di setiap toko.
Berbelanja di LotteMart Wholesale adalah
kombinasi dari harga rendah setiap hari, ragam variasi produk Makanan
dan Non Makanan, dan fokus yang jelas pada belanja Anda; LotteMart
Wholesale adalah MITRA BELANJA ANDA.
Konsep LotteMart Wholesale
Harga rendah, biaya rendah.
Melayani diri sendiri, belanja secara tunai.
Menjual berbagai macam variasi produk makanan dan non makanan.
Terbuka untuk konsumen dan institusi yang telah terdaftar.
Lapangan parkir yang luas (sampai dengan 1000 mobil).
LotteMart Wholesale Mail sebagai media komunikasi antara LotteMart Wholesale dan anggotanya.
Melayani diri sendiri, belanja secara tunai.
Menjual berbagai macam variasi produk makanan dan non makanan.
Terbuka untuk konsumen dan institusi yang telah terdaftar.
Lapangan parkir yang luas (sampai dengan 1000 mobil).
LotteMart Wholesale Mail sebagai media komunikasi antara LotteMart Wholesale dan anggotanya.
Keanggotaan LotteMart Wholesale
LotteMart Wholesale dibuka hanya untuk
member. Untuk berbelanja di LotteMart Wholesale, pelanggan harus
terdaftar sebagai anggota. Untuk mendaftar sebagai anggota LotteMart
Wholesale, silakan kunjungi toko LotteMart Wholesale terdekat dan
menghubungi Customer Information Service, gratis.
Sembari menunggu pemrosesan kartu, anda dapat langsung melakukan belanja pertama kalinya.
Anda dapat meminta kartu keanggotaan Anda kepada Information Customer Service setelah Anda melakukan pembelanjaan pertama Anda.
Anda dapat meminta kartu keanggotaan Anda kepada Information Customer Service setelah Anda melakukan pembelanjaan pertama Anda.
Sebagai anggota LotteMart Wholesale, Anda
berhak untuk menerima LotteMart Wholesale mail. Untuk kenyamanan Anda,
silakan ikuti peraturan berbelanja di LotteMart Wholesale.
Visi LotteMart Wholesale
Komitmen terbaik untuk melayani pelanggan
Misi LotteMart Wholesale
Distribusi produk dengan harga istimewa,
kualitas dan varietas untuk pelanggan profesional, menawarkan keuntungan
dan kesempatan untuk berkembang.
Ini berarti kami berusaha untuk menjadi:
Bagi pelanggan kami - sumber suplai yang
paling dapat diandalkan yang memberi mereka kesempatan untuk bersaing di
pasar mereka masing-masing.
Untuk para pemasok kami - distributor dari produk mereka dengan biaya terendah untuk jumlah nilai jual maksimum.
sumber : http://www.lottemart.co.id/lotte/index.php?link=about&type=about-lottemart-wholesale
0 comments:
Post a Comment