a. Supermarket
tradisional
supermarket tradisional melayani penjual
makanan, daging, serta produk-produk makanan lainnya, serta melakukan
pembatasan penjualan terhadap produk-produk nonmakanan
b. Big-box retailer
Pada format big-box retailer, terdapat
beberapa jenis supermarket, yaitu supercenter,
hypermarket, dan warehouse club.
v
Supercenter adalah supermarket yang
mempunyai luas lantai 3.000 hingga sebanyak 30-40% dan produk-produk nonmakanan
sebanyak 60-70%
v
Hypermarket merupakan supermarket yang memiliki luas antara lebih dari 18.000 meter persegi dengan kombinasi produk
makanan 60-70% dan produk-produk umum 30-40%. Memiliki persediaan lebih dari
25.000 item yang meliputi produk makanan, perkakas (hardware), peralatan
olahraga, furnitur, perlengkapan rumah tangga, komputer, elektronik, dan
sebagainya.
v
Warehouse ukurannya antara lebih dari 13.000
meter persegi dan lokasinya biasanya diluar kota, produk yang dijual meliputi
makanan dan produk umum biasa lainnya
C.
Convenience Store
Luas
lantai ritel jenis ini berukuran kurang dari 350 meter persegi, convenience
store ditunjukan kepada konsumen yang membutuhkan pembelian dengan cepat tanpa
harus mengeluarkan upaya yang besar dalam mencari produk-produk yang
diinginkannya
d. General Merchandise retail
Jenis
ritel ini meliputi toko diskon, toko khusus, toko kategori, department store,
off-price retailing, dan value retailing.
Pengelompokan Berdasarkan Sarana yang
Digunakan
*Penjualan
Melalui Toko
Pada ritel yang
menggunakan toko untuk pemasaran produk,
jelas bahwa terdapat aktivitas pendistribusian produk dari pedagang grosir
(wholesaler).
Penjualan
Tidak Melalui Toko
• Ritel
Elektronik
Ritel elektronik menggunakan komunikasi
dengan pelanggan mengenai produk,
layanan, dan penjualan melalui internet.
Katalog dan
pemasaran surat langsung
Pemasaran melalui katalog terjadi ketika
perusahaan mengirimkan satu atau bahkan lebih katalok produk kepada penerima
yang terpilih, biasanya katalog dibuat
dalam bentuk cetakan, tetapi terkadang juga dalam bentuk CD,Video atau
secara online. Sedangkan pemasaran
surat langsung (direct mail) terdiri
atas pengiriman tawaran, pemberitahuan, pengingat , atau barang-barang lain
kepada sesorang di alamat tertentu
Penjualan
Langsung
Penjualan langsung (direct selling) adalah
sistem pemasaran interaktif yang menggunakan satu atau lebih media iklan untuk
menghasilkan tanggapan dan atau transaksi yang dapat di ukur pada suatu lokasi penjualan tertentu.
Pengelompokan
Berdasarkan Kepemilikan
- Pendirian toko tunggal atau mandiri
Ritel tunggal atau mandiri adalah ritel yang
dimiliki oleh seseorang atau kemitraan dan tidak dioperasikan sebagai bagian
dari lembaga ritel yang lebih besar.
- Jaringan perusahaan
Ritel yang dimiliki dan dioperasikan sebagai
satu kelompok oleh sebuah organisasi.
- Waralaba
Waralaba (franchising) adalah ritel yang
dimiliki dan dioperasikan oleh individu tetapi memperoleh lisensi dari
organisasi pendukung yang lebih besar.
sumber : http://anggaharpeges.blogspot.com/2012/03/bisni-ritel.html
0 comments:
Post a Comment